EXPLORE THE AGE GLOBALIZATION WITH MUSIC WITHOUT LEAVING OUR CULTURE

KBM SENI MUSIK SMP NEGERI 1 KOTA CIREBON ( RSBI ) - QUALITY OF LEARNING BASED ON RELIGIOUS AND MORAL VALUES

SENI MUSIK

Sabtu, 05 Maret 2011

CATATAN SENI MUSIK PREPARED H. ASEP SYAEFURRACHMAN,S.Ag

Seni musik merupakan ungkapan pikiran dan perasaan manusia yang diwujudkan dalam alunan tinggi rendahnya nada atau suara yang serasi dan merdu, sehingga menimbulkan kesan/pesan. Dengan kata lain, musik adalah kesatuan bunyi yang diatur menjadi suatu pola yang dapat mengungkapkan isi hati (perasaan) dalam suasana gembira, bahagia, ataupun sedih yang dikomunikasikan melalui melodi, ritme dan harmoni sehingga menimbulkan pesan kepada orang lain.Musik dapat disajikan dalam dua cara, yakni vokal dan instrumental. Bila musik disajikan secara vokal, maka yang menjadi sarana utamanya adalah mulut atau pita suara. Namun, bila musik disajikan secar instrumental maka alat musik sarana utamanaya.

Untuk memainkan musik dengan baik, perlu memahami beberapa aspek diantaranya notasi musik, nada, tangga nada, birama, irama, tempo dan dinamik

Not adalah tanda-tanda yang berupa lambang atau angka yang berfungsi untuk menyatakan tinggi dan rendahnya serta panjang pendeknya nada.

Nada adalah suara yang teratur panjang pendeknya, keras lembutnya dan tinggi rendahnya.

Sifat-sifat nada, antara lain:

1. Tinggi nada (pitch), ditentukan oleh frekuensi (banyaknya getaran bunyi per detik). Semakin banyak getaran, semakin tinggi nada itu.

2. Keras lunak nada (intensitas), ditentukan oleh kuat lemahnya bunyi itu disuarakan. Atau sering disebut dengan dinamika.

3. Panjang pendek nada (durasi), ditentukan oleh lamanya nada itu berbunyi atau bergetar. Semakin lama bunyi itu bergetar, semakin panjang suara atau nada tersebut berbunyi.

4. Warna suara (timbre), ditentukan oleh sumber bunyi nada itu. Satu sumber bunyi mempunyai ciri khas tersendiri yang berbeda dengan sumber bunyi lain, tergantung pada bahan benda (kayu, logam, atau kulit), bentuk benda (tabung, kotak, balok, atau kerucut) dan cara memainkan (ditiup, dipetik, dipukul, atau digesek).

NOTASI MUSIK (MUSICAL NOTATIONS) prepared by H.ASEP SYAEFURRACHMAN,S.Ag

Untuk menuliskan nada-nada, digunakan not sebagai satuan penulisan nada dan sistem pengaturan not itu disebut penulisan lagu atau notasi. Dengan notasi, kita dapat mengenal, membaca, mempelajari dan menyanyikan lagu. Notasi musik yang umum ada dua macam, yaitu notasi angka dan notasi balok.

NOTASI ANGKA (NUMERAL NOTATIONS) prepared by H.ASEP SYAEFURRACHMAN,S.Ag

Notasi angka adalah sistem penulisan lagu/musik dengan menggunakan lambang angka. Angka yang dipakai adalah sebagai berikut:

1 2 3 4 5 6 7 (0)

do re mi fa sol la ti

(0) dalam notasi angka dgunakan sebagai tanda diam.

Notasi angka terdiri dari 3 oktaf, yaitu:

1. Oktaf tinggi : 1 2 3 4 5 6 7 1 (titik di atas)

2. Oktaf sedang : 1 2 3 4 5 6 7 1 (tanpa titik)

3. Oktaf rendah : 1 2 3 4 5 6 7 1 (titik di bawah)


1 komentar:

Unknown mengatakan...

pak, saya mau nanya apa itu oktaf?

Posting Komentar